1. Definisi konseptual dan definisi operasional
A. Definisi konseptual
Menurut Djalal (1986: 4) “prestasi belajar siswa
adalah gambaran kemampuan siswa yang diperoleh dari hasil penilaian
proses belajar siswa dalam mencapai tujuan pengajaran”
Hamalik (1994: 45) berpendapat bahwa prestasi belajar adalah
perubahan sikap dan tingkah laku setelah menerima pelajaran atau setelah
mempelajari sesuatu.
Benyamin S. Bloom (dalam Nurman, 2006 : 36), prestasi
belajar merupakan hasil perubahan tingkah laku yang meliputi tiga ranah
kognitif terdiri atas : pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis,
dan evaluasi.
Saifudin Azwar (1996 :44) prestasi belajar merupakan dapat
dioperasionalkan dalam bentuk indikator-indikator berupa nilai raport, indeks
prestasi studi, angka kelulusan dan predikat keberhasilan.
menurut Nurkencana (1986 : 62) bahwa prestasi belajar adalah hasil
yang telah dicapai atau diperoleh anak berupa nilai mata pelajaran. Ditambahkan
bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri
individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.
B. Definisi
operasional
Dalam
penelitiaan ini yang dimaksud dengan prestasi belajar adalah
hasil yang telah dicapai atau diperoleh anak berupa nilai mata pelajaran. Ditambahkan
bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri
individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.
Kontraksi
Skala
prestasi belajar
Di
susun
O
L
E
H
NAMA:
TATANG
NPM:
10070140
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PROF. DR. HAZAIRIN, SH
BENGKULU
2013
No comments:
Post a Comment