Followers

Thursday, June 21, 2012

TAKSONOMI BLOOM


TAKSONOMI BLOOM

Taksonomi bloom merujuk pada taksonomi yangTaksonomi bloom ini pertama kali disusun oleh B dibuat untuk tujuan pendidikan. Benjamin S. Bloom pada tahun 1956.
Tujuan pendidikan dibagi menjadi tiga domain, yaitu:
1.       Cognitive Domain (Ranah Kognitif)
Yang berisi perilaku-perilakuyang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berfikir.
2.       Affective Domain  (Ranah afektif)
Yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat,sikap, apresiasi dan cara peyesuaian diri.
3.       Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor)
Yag berisi tentang perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan , mengetik,berenang dan mengoperasikan mesin.


Beberapa istilah lain yang juga meggambarkan hal yang sama dengan ketiga  domain tersebut diantaranya seperti yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantoro, yaitu:
·         Cipta
·         Rasa
Taksonomi bloom merujuk pada taksonomi yang dibuat untuk tujuan pendidikan . taksonomi ini pertama kali disusun oleh benyamin s. bloom pada taun 1956. Dalam al ini, tujuan pendidikan di bagi menjadi beberapa domain( ranah,kawasan)  dan setiap domain tersebut di bagi  kembali  kedalam pembagian yang lebi rinci berdasarkan hierarki.
 Tujuan pendidikan dibagi kedalam tiga domain, yaitu:
1.       Cognitive domain ( ranah kognitif ) yang berisi perilaku – perilaku yang menekan aspek intelektual, seperti pengetauan  pengertian , dan  keterampilan berpikir.
2.       Affective domain ( ranah afektif ) berisi  perilaku – perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi  seperti minat, siikaf,apresiasi  dan  cara penyesuian diri.
3.        Psychomotooro domain ( ranah psikomotor ) berisi perileku- perilaku yang menekan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan,mengetik, bereneng, dan mengoperasikan mesin 



Dari ranah tersebut dibagi  kembali menjadi beberapa kategori yang berurutan secara hierarkis
 (bertingkat)  mulai dari tingkah laku yang sederhana sampai tingkah laku yang  kompleks.  Tingka laku dalam setip tingkat asumsi menyertakan juga tingkah laku  dari tingkat yang lebih rendah., seperti misalnya  dalkam, ranah kognitif untuk mencapai pemahaman yang berada ditingkatan kedua juga diperlukan pengtauan yang ada pada tingkat pertama.

A.      DOMAIN KOGNITIF
Yaitu ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Domain kognitif terdiri dari enam tingkatan , yaitu :
·      Pengetahuan (knowledge)
Pengetahuan yaitu kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall) atau mengenali kembali tentang  nama , istilah, ide, rumus, dan sebagainya tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunakannya.
Contoh: dapat menghapal surat, menerjemahkan, dan menuliskannya secara baik dan benar.
·      Pemahaman (comprehension )
Pemaaman adala kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami  sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan di ingat.
Contoh :

·      Penerapan (application )
Penerapan adalah kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide ide umum, tata cara ataupun metode-metode ,prinsip, rumus, teori dan sebagainya dalam situasi yang baru dan konkret.
Contoh :

·      Analisis (analysis)
Analisis adalah kemampuan seseorang  untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian- bagian atau factor yang satu dengan factor yang lainnya.
Contoh :

·      Sintesis (synthesis)
Sintesis adalah kemampuan berpikir  yang merupakan kebalikan dari proses berfikir analisis.


·      Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Evaluasi adalah jenjang berfikir paling tinggi dalam ranah kognitif dalam taksonomi bloom. Penilian/evaluasi merupakan  kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu kondisi, ide, dan nilai .


·         Evaluasi (evaluation )
Artinya mempertimbangkan dan menilai benar atau salah nya dan bermanfaat  atau tidak.

B.      Domain afektif
Adalah domain yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak ,prilaku seperti perasaan,minat,sikap, emosi dan nilai.
Ranah afektif dibagi menjadi 5 jenjang,yaitu:























C.      Domain psikomotor
Rincian dalam domain ini  tidak dibuat oleh bloom, tapi oleh ahli lain  berdasarkan domain yang dibuat bloom.
1.    reception
Pengguna alat indra untuk menjadi pegangan dalam membantu  gerakan
2.    kesiapan ( set)
kesiapan fisik, mental, dan emosional untuk melakukan gerakan
3.    respon terpimpin ( guided respone )
tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang komplek ,termasuk didalamnya  imitasi dan gerakan coba-coba .
4.    Mekanisme (mechanism)
Membiasakan gerakan gerakan yang telah dipelajari sehingga tampil dengan meyakinkan dan bagus.
5.    respon tampak yang kompleks ( complex over t response
Gerakan motoris yang terampil yang didalam nya terdiri dari pola-pola gerakan yang kompleks.
6.    penyesuaian ( adaptation )
Keterampilan yang sudah berkembang  sehingga dapat disesuaikan dalam beragai situasi.
7.    penciptaan (origination)
Memuat pola gerakan yang aru yang disesuaikan dengan  situasi atau permasalahan tertentu.
 




No comments:

Post a Comment